Janganlah Menyerah pada Kekosongan Waktu

0
23

Tempat yang paling dibanggakan di dunia adalah yang mempunyai penerangan, dan sebaik-baik teman duduk sepanjang masa adalah buku.

Saya berpesan kepada Anda untuk melakukan kegiatan dan tidak hanya duduk berpangku tangan, malas, dan menyerah kepada kekosongan waktu. Bangkitlah Anda untuk membersihkan rumah atau perpustakaan Anda. Tunaikanlah pekerjaan Anda; shalatlah; dan bacalah Kitabullah atau bacaan yang berguna.

Dengarkanlah kaset yang berisikan rekaman yang bermanfaat atau duduklah bersama tetangga dan teman Anda, lalu berbicaralah dengan mereka seputar hal-hal yang dapat mendekatkan Anda sekalian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bila Anda melakukan hal tersebut, niscaya Anda akan menemukan kebahagiaan dalam hati Anda, kelapangan dada, dan kegembiraan, dengan izin Allah.

Waspadalah Anda, jangan sampai Anda menyerah kepada kekosongan waktu atau pengangguran, karena sesungguhnya hal ini akan mewariskan kepada Anda kesusahan, kecemasan, keraguan, kebimbangan, dan kekeruhan yang tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan melakukan aktivitas kerja.

Anda harus memperhatikan penampilan Anda, sehingga Anda tetap terlihat cantik, harum di dalam rumah, serta terlihat rapi dan bersih tempat duduk Anda. Anda harus menyambut suami Anda dengan akhlak yang baik; begitu pula terhadap anak-anak Anda, saudara-saudara Anda, kaum kerabat Anda, dan teman-teman Anda dengan senyum keramahan dan dada yang lapang.

Saya peringatkan Anda terhadap perbuatan durhaka, karena sesungguhnya perbuatan durhaka itu akan mewariskan kesedihan pada diri Anda. Terlebih lagi kedurhakaan yang sering dilakukan oleh banyak wanita, seperti mengumbar pandangan pada hal-hal yang diharamkan atau memperlihatkan perhiasan, berduaan dengan lelaki yang bukan mahram, melaknat, mencaci, dan mengumpat, atau mengingkari hak suami dan tidak mengakui kebaikannya.

Sesungguhnya hal-hal tersebut termasuk dosa-dosa yang banyak dilakukan oleh kaum wanita yang dihindari oleh Allah darinya berkat rahmat-Nya.

Oleh karena itu, hati-hatilah, jangan sampai Anda membuat Tuhan yang menciptakan Anda marah kepada Anda. Bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena sesungguhnya takwa kepada-Nya akan menjamin terealisasinya kebahagiaan dan kepuasan dalam hati sanubari Anda.

Apabila kesusahan datang  menerpa diri dan kecemasan bertumpang tindih menghimpit Anda, ucapkanlah: Laa ilaaha illaallah.

Dikutip dari buku Jadilah Anda Wanita yang Paling Bahagia, Wahai Kaum Wanita, Jangan Bersedih, karya Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni.

(fatima/muslimahzone.com)