Memotivasi Ragam Bakat Anak Menurut Ibnu Qayyim

0
15

Diantara hal yang harus diperhatikan adalah potensi dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Sebab ia dilahirkan dengan membawa bakat masing-masing. Asal jangan menggiring anak pada sesuatu yang diharamkan syariat. Jika anak dipaksa melakukan atau menekuni sesuatu yang tidak menjadi bakat atau kecenderungannya, maka ia tidak akan berhasil, bahkan bisa kehilangan bakatnya.

Sekiranya orangtua melihat anaknya memiliki sifat kuat hafalannya, cepat daya tangkapnya, serta minat belajarnya kuat, maka anak tersebut termasuk kategori anak yang berpotensi menyerap dan menampung. Selama otaknya masih kosong dapat diisi dengan ilmu, karena ilmu tersebut akan bersifat permanen dan tumbuh secara baik.

Namun jika Anda mendapati anat tersebut memiliki sifat berlawanan dengan yang diatas pada segala sisi, maka bisa jadi ia memiliki bakat menjadi ksatria, seperti panah memanah dan menunggang kuda, dan atau memainkan senjata tombak. Anak tersebut berarti kurang memiliki bakat serta kecakapan dalam hal keilmuan. Maka sang ayah hendaknya mendukung bahkan melatih serta selalu memberikan dorongan dalam mengasah bakat keperwiraan yang dimiliki. Itu akan lebih bermanfaat untuk dirinya dan kaum muslimin.

Jika sang bapak melihat anaknya tidak dianugerahi kedua jenis kecakapan serta bakat di atas, sementara ia melihatnya memiliki bakat serta kecenderungan dalam hal hasta karya dan kerajinan tangan, maka hendaknya si wali memberikan fasilitas untuk menekuni bakat tersebut.

Hal ini dilakukan tentu setelah ia dididik dan dibekali dengan ilmu pengetahuan agama. Karena yang demikian itu adalah mudah bagi setiap orang agar hujjah Allah tegak atas hamba Allah tersebut. Sebab Allah memiliki hujjah yang sangat jelas yang harus dipertanggungjawabkan oleh hamba-hambanya, sebgaimana Allah ‘azza wa jalla banyak melimpahkan karunia yang amat sempurna kepada mereka. Wallahu a’lam.

Sumber: Mukhtashar Tuhfah Al Wadud bi Ahkam Al Maulud, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Pustaka Arafah, Solo, 2006.

(esqiel/muslimahzone.com)